TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DALAM SISTEM PERBANKAN INDONESIA

I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa

Abstract


Sebagai lembaga yang fungsi utamanya menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat serta dengan berbagai jenis jasa transaksi keuangan yang ditawarkan khususnya dalam memindahkan dana (transfer dana) dari bank satu ke bank lain baik di dalam maupun luar negeri dalam waktu yang sangat cepat serta ketentuan kerahasian keuangan yang relatif ketat, maka perbankan menjadi pilihan yang cukup menarik bagi pelaku pencucian uang untuk memasukkan dana hasil kejahatannya. Modus kejahatan pencucian uang waktu ke waktu semakin kompleks dengan menggunakan tekhnologi dan rekayasa keuangan. UU TPPU telah membatasi bahwa hanya harta kekayaan yang diperoleh dari 24 jenis tindak pidana dan tindak pidana lainnya yang diancam dengan hukuman 4 tahun penjara atau lebih sebagaimana disebutkan dalam Pasal 2 UU TPPU, yang dapat dijerat dengan sanksi pidana pencucian uang sebagaimana diatur dalam pasal 3 dan Pasal 6 UU TPPU.


Keywords


Tindak Pidana Pencucian Uang, Sistem Perbankan Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Buku

Adrian Sutedi, 2008, Hukum Perbankan : Suatu Tinjauan Pencucian Uang, Merger, dan Kepailitan, Sinar Grafika, Jakarta.

A.S. Mamoedin, 1997, Analis kejahatan Perbankan, Cetakan Pertama, Rafflesia, Jakarta.

Bismar Nasution, 2008, Rejim Anti- Money Laundering di Indonesia, Books Terrace & Library, Bandung.

M.Arief Amrullah, tt, Tindak Pidana Pencucian Uang, Bayumedia Publishing, Malang.

Internet

Billy Steel, tt, “Money Laundering –What is Money Laundering, Billy’s Money Laundering informationâ€, http://www.laundryman.unet.com, diakses pada 18 Januari 2016.

Edy Nasution, tt, “Memahami Praktik Pencucian Uang Hasil Kejahatanâ€,http://www.ppatk.go.id, diakses pada 18 Januari 2016.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pencucian_uang, diakses pada 18 Januari 2015.

Sumber Hukum

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberanasan Tindak Pidana Pencucian Uang, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor Tahun 2010 Nomor 122 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5164


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 1693-5934